logo
×

Kamis, 26 Januari 2023

Minta Keadilan ke Presiden, Benarkah Keluarga Bharada E Datangi Istana Negara?

Minta Keadilan ke Presiden, Benarkah Keluarga Bharada E Datangi Istana Negara?

DEMOKRASI.CO.ID - Video terkait terdakwa pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer atau Bharada E beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 24 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan bahwa keluarga Bharada E mendatangi Istana Negara untuk meminta keadilan pada Presiden. 

"DATANGI ISTANA NEGARA KELUARGA BHARADA E MINTA KEADILAN KE PRESIDEN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Demi Ke Adilan Putranya !! Keluarga Bharada E Bermohon ke Presiden," demikian bunyi judul video terkait.

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait keluarga Bharada E mendatangi Istana Negara untuk meminta keadilan pada Presiden. 

Video membahas tanggapan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana terhadap tuntutan 12 tahun penjara kepada Bharada E. Menurutnya, tuntutan itu sudah lebih ringan dari tuntutan Ferdy Sambo yakni seumur hidup. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Kompas.tv dengan judul "Kejagung Soal Tuntutan Bharada E: Sudah Ringan, Andai Tak Buka Kasus, Kami Samakan dengan Sambo", tayang pada 24 Januari 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi keluarga Bharada E mendatangi Istana Negara untuk meminta keadilan pada Presiden adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: