logo
×

Senin, 14 Februari 2022

Banyak Foto dan Video Kekerasan Terhadap Warga Desa Wadas, Mabes Polri Beri Tanggapan Begini

Banyak Foto dan Video Kekerasan Terhadap Warga Desa Wadas, Mabes Polri Beri Tanggapan Begini

DEMOKRASI.CO.ID - Mabes Polri kembali membantah kabar beredar bahwa ada kekerasan dalam pengamanan aksi warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jateng.

Media sosial sebelumnya diramaikan dengan foto dan video kekerasan dalam pengamanan Desa Wadas.

Namun pihak Polri membantah dalam pengamanan itu pihaknya hanya melakukan upaya paksa untuk mengamankan warga, dari ancaman warga lainnya.

“Fakta yang ada di lapangan tidak ada tindak kekerasan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (14/2/2022).

Jenderal bintang satu ini menegaskan, dalam pengamanan pihaknya mengedepankan tindakan persuasi serta dialog dengan warga yang tetap menolak perihal pembangunan bendungan tersebut.

“Kita mengedepankan persuasif dan dialog dengan warga terutama warga yang belum menerima untuk dicarikan solusi terbaik,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Ramadhan, selama pengamanan di Desa Wadas anggota di lapangan tetap mengedepankan SOP (Standard Operating Procedure).

Bahkan pihaknya membantah melakukan penembakan gas air mata kepada warga setempat.

“Tidak ada penembakan atau keluar letusan senjata, pengamanan masih menggunakan SOP. Dan Protap 01 tidak pernah dikeluarkan,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah warga Desa Wadas dan tim kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta ditangkap dan dibawa ke Mapolres Purworejo pada Selasa (8/2/2022) kemarin.

Hal itu terjadi pada pukul 14.33 WIB dan menyasar 25 orang.

“Sebanyak kurang lebih 25 orang dibawa ke Polres Purworejo termasuk di dalamnya adalah tim kuasa hukum dari LBH Yogyakarta,” kata Kepala Divisi Penelitian LBH Yogyakarta, Era Hareva Pasarua kepada wartawan.

Namun warga yang diamankan itu sudah dipulangkan ke keluarganya masing-masing.

Mabes Polri pastikan tak ada kekerasan anggota yang melakukan pengamanan pengukuran lahan untuk pr di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Selasa (8/2/2022).

Bahkan masyarakat yang diamankan sebelumnya kini sudah dikembalikan ke pihak keluarganya alias dipulangkan.

Begitu juga personel yang mengamankan dalam pengukuran tanah di Desa Wades itu juga tak melakukan pelanggaran hukum terhadap warga. (fir/pojoksatu)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: