logo
×

Jumat, 21 Januari 2022

Viral Pembeli Harus Belanja Rp50 Ribu untuk Bisa Beli Minyak Goreng Rp14 Ribu

Viral Pembeli Harus Belanja Rp50 Ribu untuk Bisa Beli Minyak Goreng Rp14 Ribu

DEMOKRASI.CO.ID - Beredar viral di media sosial sebuah video rekaman seorang pembeli di salah satu pusat perbelanjaan yang merasa kesal dan kaget akan adanya aturan untuk membeli minyak goreng Rp 28.000 per 2 liter,  Kamis ( 21/1/2022). 

Video tersebut berlatar area kasir sebuah pusat perbelanjaan dengan seorang karyawan kasir pria berseragam warna merah muda.  

Si perekam kemudian menegaskan kembali aturan yang diberlakukan pihak pusat perbelanjaan tersebut sembari merekamnya.  

"Beli 2 minyak, harus belanja 50 ribu dulu kalau dapet yang 14 ribu?" tanya si perekam kepada kasir pria tersebut.

Kasir pria kemudian menjawab dengan tegas peraturan yang diberlakukan di pusat perbelanjaan tersebut.  

"Iya, disertai pembelanjaan 50 ribu, " ucap kasir kepada si perekam.  

Pria perekam pun sontak merasa menyayangkan aturan ini dan meminta tindak tegas.  

"Ya ibu ibu bapak bapak,  presiden tolong ya ini di Lottemart Cibitung, kalau menurut pak Presiden dan Menteri Perdagangan kan gak harus belanja 50 ribu dulu, di Lottemart Cibitung harus belanja dulu ni tolong di follow up, " ucap si perekam video.  

Mengacu pada penetapan baru yang ditetapkan Kementerian Perdagangan ( Kemendag)  bahwa harga minyak telah turun serentak menjadi Rp 14.000 per liter mulai Rabu ( 19/1/2022)  kemarin tentu postingan ini menuai ragam pro dan kontra dari warganet.  

"Pasti ada yang nakal kalau begini, " tulis akun @maul***. 

"@kemendag ini gimana pak parah gak sesuai, " tambah akun @amand***.

"@divisihumaspolri mohon ditindaklanjuti, " imbuh akun @_argad***. 

Warganet pun kemudian mengetag langsung ke pihak Lottemart atas peraturan ini.  

"@lottemartindo bisa gini? " tanya akun @ndilc***. 

"Jiah viral kan jadinya mas, mas, " timpal akun @tisna***.

Namun dari banyaknya komentar warganet yang menyalahkan, mereka berbalik menyayangkan mengenai aksi si perekam yang menekan karyawan kasir tersebut yang notabene hanyalah menjalankan tugas.  

" Salahkan managementnya,  jangan karyawannya kasihan, " ucap @hilal***.

" Jangan pula karyawannya yang terus terusan disorot dia juga cuma kerja,  diviralin  kayak begini mukanya tanpa ijin dia kasihan juga kan, " kata akun @litra***. 

Diikuti ratusan komentar lain bernada serupa ada yang pro ke si perekam dan menghujat pihak Lottemart, ada pula yang menyalahkannya karena menyoroti si karyawan.  

Seperti diketahui sebelumnya keputusan harga minyak goreng Rp 14.000 ini diberlakukan di seluruh pasar ritel modern baik kemasan premium maupun sederhana. 

Sementara pengawasan kebijakan harga minyak ini akan dipastikan terus dilakukan oleh Kemendag dan akan menindak tegas jika ada peritel modern yang melanggar aturan harga minyak goreng Rp 14.000 per liter ini.  Tak main main teguran berupa pencabutan ijin hingga pidana akan diberlakukan.  

" Produsen yang tidak mematuhi ketentuan,  maka akan dikenakan sanksi berupa pembekuan atau pencabutan ijin,  kami mengingatkan pemerintah akan mengambil langkah yang sangat tegas dan kami ingatkan kepada siapapun yang melakukan kecurangan atau melakukan apapun tindakan melawan hukum Pemerintah RI akan melanjutkan ke proses hukum, " tegas Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi. []

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: