logo
×

Kamis, 10 September 2020

Lift Anjlok Hingga Menyebabkan Empat Pekerja Tewas di RSI Unisma Malang, Polisi Panggil Pemilik Yayasan, Hasilnya…

Lift Anjlok Hingga Menyebabkan Empat Pekerja Tewas di RSI Unisma Malang, Polisi Panggil Pemilik Yayasan, Hasilnya…

DEMOKRASI.CO.ID - Korban insiden kecelakaan kerja lift ambrol yang terjadi proyek RSI Unisma Malang semakin jelas.

Atas peristiwa tersebut, diketahui empat orang meninggal dunia dan enam orang mengalami luka berat.

Anak buah PT Dwiponggo Seto, pihak ketiga (rekanan), sampai saat ini masih dalam pemeriksaan polisi.

Enam orang yang mengalami luka berat adalah Depi, 25, asal Pakis, Kabupaten Malang yang mengalami patah di kedua tangan, Toni, 25, asal Jabung, Kabupaten Malang yang juga mengalami patah di kedua tangan.

Ludi, 25, asal Poncokusumo, Kabupaten Malang yang mengalami perut sakit, Andika, 25 asal Jabung, Kabupaten Malang dengan luka gigi habis.

Fatkur, 30, asal Gondanglegi, Kabupaten Malang yang mengalami patah kaki kanan dan Arifin, 31 asal Kasembon, Kabupaten Malang yang mengalami patah tangan.

Saat ini, keenam korban sedang menjalani perawatan di RSSA Malang.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu mengungkapkan, sampai saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, yang terdiri dari empat pekerja bangunan dan satu kakak korban.

Tidak menutup kemungkinan, pihak yayasan maupun pihak ketiga (rekanan) juga akan dipanggil.

“Kami masih melakukan pemeriksaan dan akan kami panggil (yayasan dan rekanan), hasilnya seperti apa. Kalau ada tersangka, ya nanti kami tetapkan (tersangka) dengan mekanisme dan prosedur yang kami jalani,” terang dia, Rabu (9/9).

Azi menyebut, rekanan RSI Unisma, dalam hal ini adalah PT Dwiponggo Seto bisa jadi lalai dan melanggar prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Kalau dilihat dari TKP, lift yang dibuat itu untuk barang, bukan untuk dinaiki oleh muatan lain apalagi banyak. Sehingga, talinya tidak kuat menahan beban dan putus,” papar dia.

Azi menjelaskan, lift tersebut biasa digunakan sehari-hari oleh para pekerja bangunan, namun untuk mengangkut barang-barang saja.

“Itu untuk muatan barang, kalaupun ada orangnya, maksimal lima orang,” papar dia.

Para pekerja tersebut naik lift untuk mempercepat pekerjaan setelah selesai beristirahat. “Mereka ingin melanjutkan pekerjaan setelah istirahat. Mereka nggak lewat tangga mungkin karena ingin menghemat waktu, untuk itu naik lift,” lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, empat pekerja tewas mengenaskan dan tujuh lainnya luka-luka dalam proyek gedung baru di Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, Jalan MT Haryono, Dinoyo kemarin (8/9).

Lift proyek atau gondola yang dinaiki sebelas pekerja tiba-tiba terjatuh dari gedung lantai IV.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.30 (8/9). Usai makan siang, para pekerja yang sempat beristirahat itu mulai melanjutkan pekerjaannya.

Seperti biasa, mereka menggunakan alat bantu berupa gondola untuk memudahkan pengerjaan di ketinggian, misalnya lantai dua ke atas.

”Ada sebelas pekerja yang naik,” ujar Bambang, 40, salah satu pekerja yang ditemui di lokasi kejadian kemarin.

Sekitar lima menit berada di atas, tali penarik kabin yang terbuat dari baja itu tiba-tiba terputus. Dari sebelas pekerja tersebut, satu orang melompat, kemudian bergelantungan di gedung lantai IV. Sedangkan 10 pekerja lainnya terjatuh bersama gondola.

Empat di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian dan enam pekerja lainnya mengalami luka-luka. ”Tahu-tahu putus. Langsung saja mereka (para pekerja) terhempas dari atas,” kata pekerja asal Desa Sukopuro, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, itu.

Keempat pekerja yang meninggal dunia itu adalah Lukman, 35, asal Kecamatan Pakis; Subekti, 30, asal Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung; Kasianto, 40, asal Kampung Cokro, Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakis; dan Agus Pratama, 30, asal Kecamatan Ngantang.

Keempatnya langsung di bawa ke Kamar Mayat (KM) Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Sementara korban luka-luka mendapat perawatan di IGD RSI Unisma.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: