logo
×

Selasa, 23 Juni 2020

Amien Rais: Pancasila Mau Digusur, Target Pengusung RUU HIP Hidupkan PKI

Amien Rais: Pancasila Mau Digusur, Target Pengusung RUU HIP Hidupkan PKI

DEMOKRASI.CO.ID - Tokoh reformasi Amien Rais meminta DPR menilai pengusung RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) bertindak kurang ajar pada Presiden pertama RI, Soekarno. Sebenarnya, tujuan akhir pengusung RUU itu adalah menghidupkan kembali PKI.

“Oknum-oknum di DPR RI yang mengusulkan RUU HIP sangat kurang ajar pada Bung Karno. Target akhirnya adalah menghidupkan kembali PKI,” kata Amien dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (23/6).

Amien Rais mengatakan, tujuan akhir pengusung RUU HIP itu tercermin dari Tap MPRS XXV/1996 tentang pembubaran partai komunis Indonesia (PKI) yang tidak dijadikan konsideran. Selain itu, RUU HIP juga mereduksi makna dan nilai-nilai pancasila itu sendiri.

“Pancasila mau digusur karena tidak mampu melaksanakan nilai-nilai Pancasila, buruk muka cermin dibelah,” ucap dia.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu meminta masyarakat tetap waspada meski pemerintah telah memutuskan pembahasan RUU HIP disetop.

“Karena protes dari anak-anak bangsa dari RUU HIP itu, pemerintah menunda pembahasan. Jangan lupa hanya menunda! Kita lengah, bisa dicabut kembali,” ucap dia.

Amien Rais menegaskan, Bung Karno adalah orang yang bangga dan setia pada pancasila. Bahkan dalam beberapa forum, Bung Karno menyatakan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia itu lebih baik dari ideologi negara lain.

“Bung Karno menyatakan pancasila satu level (di atas) dari apa yang digaungkan oleh rakyat Amerika dan Uni Soviet,” ucap dia. []
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: