logo
×

Sabtu, 11 April 2020

WHO Ingatkan Setiap Negara Agar Berhati-hati Saat Putuskan Mencabut Status Karantina Atau Pembatasan

WHO Ingatkan Setiap Negara Agar Berhati-hati Saat Putuskan Mencabut Status Karantina Atau Pembatasan

DEMOKRASI.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan kepada negara-negara yang akan mencabut aturan atau pembatasan.

Pelonggaran atau pencabutan pembatasan bisa menyebabkan penyebaran virus corona bangkit lagi dan semakin mengkhawatirkan.

Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus saat jumpa pers mengatakan, "Pencabutan pembatasan dapat menyebabkan kebangkitan yang mematikan."

Ia mencontohkan 'perlambatan yang menggembirakan' dari epidemi di sejumlah negara Eropa, seperti Italia, Jerman, Spanyol dan Prancis. Namun, di saat bersamaan tetapi terjadi pula 'akselerasi yang mengkhawatirkan' di negara lain termasuk transmisi komunitas di 16 negara Afrika, melansir Reuters, Jumat (10/4).

China telah melakukan pencabutan lockdown. Status karantina di wilayah itu telah dicabut pada beberapa pekan lalu, tetapi kemudian kasus baru pun bermunculan.

Melihat apa yang terjadi pada China, beberapa negara akhirnya memperpanjang status karantinanya.

Inggris, misalnya. Wali Kota London Shadiq Khan termasuk pihak yang tak akan mencabut status karantina wilayah London karena dia memperkirakan bahwa corona di London masih akan memuncak penyebarannya dalam waktu beberapa hari lagi.[rmol]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: