logo
×

Senin, 02 Maret 2020

Waspada Virus Corona, Ini Pesan Gubernur Anies Baswedan

Waspada Virus Corona, Ini Pesan Gubernur Anies Baswedan

DEMOKRASI.CO.ID - Virus corona baru atau Covid-19 telah masuk ke Indonesia. Dua orang di Depok, Jawa Barat dinyatakan positif terjangkit virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergerak cepat dalam menanggapi kasus ini. Anies sejak jauh hari memang telah mengeluarkan instruksi gubernur dan melakukan pemantauan serta pengawasan pada warga yang mengalami gejala-gejala mirip infeksi corona.

Pada hari ini, Anies Baswedan meresmikan pembentukan Tim Tanggap Covid-19.

Kepada warga DKI Jakarta, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berpesan agar menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah terinfeksi corona. Salah satunya dengan perbanyak cuci tangan.

"Kita tentu berharap bahwa ini bisa terisolasi, sehingga tidak mengalami penyebaran. Dan sekali lagi, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat cuci tangan yang rutin. Perbanyak cuci tangan dalam event apapun, perbanyak cuci tangan," tegas Gubernur Anies saat melakukan Konferensi pers di ruang Balairung, Balaikota DKI Jakarta, Senin (2/3).

Selanjutnya, Anies berpesan kepada warga yang sedang mengalami penyakit batuk, pilek maupun flu, untuk menjaga etika, yakni dengan menutup mulut saat batuk atau bersin dan juga menggunakan masker. Hal itu penting karena menjaga potensi penularan.

"Yang berikutnya jangan anggap enteng bila merasakan gejala. Lebih baik lapor, datangi fasilitas kesehatan daripada dianggap enteng dan di kemudian hari ditemukan yang tidak kita inginkan," jelasnya.

Warga yang merasakan gejala atau menyaksikan orang yang menunjukkan gejala bisa mendatangi Puskesmas terdekat atau menghubungi Call Center 112 atau 119.

"Dan kita insyaAllah akan bergerak cepat. Semua fasilitas ditambah untuk bisa merespon ini, termasuk jumlah ambulans itu sudah disiapkan tambahan untuk merespon cepat bila ditemukan kasus," pungkasnya.(rm)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: