logo
×

Jumat, 13 Maret 2020

Survei IPO: Anies Baswedan Kepala Daerah Potensial Cawapres 2024

Survei IPO: Anies Baswedan Kepala Daerah Potensial Cawapres 2024

DEMOKRASI.CO.ID - Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei Nasional terkait elit politik Indonesia di masa depan.

Survei ini melibatkan 1.600 responden dengan tingkat kepercayaan sebesar 97 persen dan margin of error sebesar 4,5 persen di 27 Provinsi di Indonesia. Survei Nasional ini digelar sejak 10 Januari hingga 31 Januari 2020.

Survei ini pun mengkategorikan tokoh-tokoh yang memiliki tingkat popularitas hingga calon Presiden maupun calon Wakil Presiden pada 2024 nanti.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan, kategori tokoh potensial dari Kepala Daerah terpopuler terdapat empat nama. Yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Parawansa.

Hasil survei kata Dedi, Anies Baswedan memiliki tingkat popularitas yang paling tinggi dari keempat Kepala daerah lainnya yang merupakan tokoh paling potensial.

Anies Baswedan memperoleh suara sebesar 92,4 persen tingkat popularitasnya. Disusul oleh Ganjar Pranowo sebesar 74,5 persen, Ridwan Kamil sebesar 67,1 persen dan Khofifah Parawansa sebesar 57,5 persen.

"Ada Anis Baswedan dengan popularitas yang tinggi disusul dengan Ganjar Pranowo kemudian disusul oleh Ridwan Kamil kemudian disusul oleh Khofifah Parawansa," ucap Dedi Kurnia Syah saat memaparkan hasil survei Nasional di D'Consulate Resto & Lounge, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Selain itu kata Dedi, sosok Anies Baswedan juga memiliki potensi paling tinggi sebagai calon Wakil Presiden pada 2024 nanti.

Dimana, Anies Baswedan memperoleh sebanyak 77,0 persen dan disusul oleh Khofifah Parawansa sebesar 75,0 persen, Ridwan Kamil sebesar 67,2 persen dan Ganjar Pranowo sebesar 27,5 persen.

"Tapi ini ada yang menarik, untuk angka yang oranye itu adalah angka potensi dia akan dicalonkan sebagai wakil presiden ini adalah persepsi publik," jelas Dedi.

Sedangkan tokoh potensial yang memiliki potensi sebagai Calon Presiden, Anies Baswedan berada diurutan paling akhir dengan perolehan sebesar 23,0 persen.

Paling tinggi ialah Ganjar Pranowo sebesar 72,5 persen, Ridwan Kamil sebesar 32,8 persen dan Khofifah Parawansa sebesar 25,0 persen.

"Dari 4 tokoh ini yang tertinggi adalah ganjar pranowo. Secara popularitas Ganjar Pranowo dibawah Anies Baswedan iya, tetapi potensi Keusungannya jauh melebihi dari Anies Baswedan," pungkas Dedi.(rm)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: