logo
×

Senin, 02 Maret 2020

Saat Jokowi Umumkan Langsung 2 WNI Positif Corona

Saat Jokowi Umumkan Langsung 2 WNI Positif Corona

DEMOKRASI.CO.ID - Dua warga negara Indonesia (WNI) terkonfirmasi positif virus corona. Kabar itu diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengumumkan berita terpaparnya warga Indonesia itu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020). Menggelar jumpa pers, Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung.

Keempatnya kompak mengenakan kemeja putih. Duduk santai di Veranda Istana Merdeka, Jokowi pun mengumumkan perihal dua WNI yang terinfeksi virus corona.

Jokowi menyampaikan terkonfirmasinya dua WNI itu bermula dari seorang warga negara Jepang yang positif virus corona. WN Jepang itu, rupanya sempat ke Indonesia pada bulan Februari 2020 dan bertemu oleh WNI tersebut.

"Oleh sebab itu begitu ada informasi, minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana ternyata positif corona, tim dari Indonesia langsung menelusuri orang Jepang ini ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu dengan siapa ditelusuri dan ketemu," kata Jokowi.

Dua WNI tersebut merupakan ibu (64) dan anak (31) yang tinggal di Depok. Setelah diperiksa, dua WNI yang melakukan kontak dengan warga Jepang itu pun dinyatakan positif virus corona.

"Setelah ditemukan ternyata orang yang terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang. Seorang ibu yang umurnya 64 dan putrinya yang berumur 31 tahun dicek oleh tim kita ternyata pada posisi yang sakit," sambung dia.

Jokowi mengatakan mendapatkan laporan dua warganya positif virus corona dari Menkes Terawan. Keduanya, kata dia, terpapar virus tersebut di Indonesia.

"Dicek dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ujar Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi memastikan ibu dan anak tersebut sudah dalam penanganan yang aman di RSPI Sulianti Saroso. Pemerintah, kata dia, telah dalam kondisi siap menangani pasien virus corona.

Alat yang sesuai standar internasional juga telah disiapkan untuk menangani pasien virus corona. Bahkan, kata Jokowi, anggaran untuk menangani virus corona juga dialokasikan.

"Tetapi juga perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah ini benar-benar mempersiapkan. Persiapan misalnya RS lebih dari 100 RS yang siap dengan isolasi mengenai virus corona dengan standar isolasi yang baik. Kita juga memiliki peralatan sesuai dengan standar internasional, kita juga memiliki persiapan untuk reagen yang cukup. Kita juga memiliki tim gabungan yang ini tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI, Polri dan sipil, dalam penanganan ini," tuturnya.

"Kita juga memiliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada. Kita juga memiliki anggaran, anggarannya ada dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius untuk menangani ini kalau dianggap tidak serius ini sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu kita hati-hati," lanjut Jokowi.(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: