logo
×

Senin, 02 Maret 2020

Pernah Tangani SARS Dan Flu Burung, Dirut RSPI Sulianti Saroso: Sekarang Covid 19

Pernah Tangani SARS Dan Flu Burung, Dirut RSPI Sulianti Saroso: Sekarang Covid 19

DEMOKRASI.CO.ID - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan satu kasus pertama infeksi virus corona jenis Covid-19 di dalam negeri.

Terdapat dua orang yang sudah terjangkit, yang kemudian dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, mengklaim peralatan kesehatan yabg dimiliki RSPI Sulianti Saroso cukup memadai. Ia memastikan, rumah sakit telah biasa menghadapi masalah tersebut.

"Ini kan rumah sakit rujukan khususnya rumah sakit menerima rujukan manapun untuk infeksi yang sebelumnya tidak ada," ujar Mohammad Syahrial saat ditemui di RSIP Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3).

"Contoh SARS, Flu burung nggak ada kan (kasus infeksi). Nah sekarang covid 19. Jadi rumah sakit ini jadi RS rujukan," katanya menambahkan.

Peralatan memadai yang dimaksud Mohammad Syahrial adalah fasilitas isolasi pasien terjangkit. Selain itu, sejumlah alat canggih yang dimiliki RSPI Sulianti Saroso, yakni mulai dari negative room pressure hingga air handling unit.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyampaikan bahwa dua orang pasien terjangkit virus corona berasal dari Perum Studio Alam Indah, Depok.

Mereka yang terinfeksi merupakan ibu dan anak yang berinisial MD (64) dan NT (31).

Jendral bintang tiga ini juga menjelaskan, bahwa kronologi terinfeksinya dua warga ini yang berawal dari pertemuan NT (31) dengan seorang warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia, di klab dansa di Paloma, Jakarta, Sabtu (14/2).

Warga Jepang yang bertemu NT (31) untuk melakukan latihan dansa, karena NT merupakan guru dansa. Namun sayangnya, WN Jepang ini belum diketahui identitasnya.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: