logo
×

Selasa, 10 Maret 2020

Pasien Corona Kasus 01 Dan 02 Belum Sembuh Karena 'Faktor X'

Pasien Corona Kasus 01 Dan 02 Belum Sembuh Karena 'Faktor X'

DEMOKRASI.CO.ID - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso menyebutkan, dua pasien terinfeksi kasus 01 dan kasus 02 hingga kini belum juga sembuh. Hal itu diketahuo berdasarkan hasil pemeriksaan PCR (Polymerase chain reaction) dan genome sequencing.

Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kedua pasien kasus virus corona pertama di Indonesia ini belum sembuh.

"Ya memang banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi sakit atau kemudian menjadi sembuh lagi. Faktor dari dalam dia sendiri dan faktor lingkungannya," ujar Dyani Kusumowardhani dalam jumpa pers di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (10/3).

Adapaun untuk penanganan dua pasien ini, Dyani Kusumowardhani mengatakan kalau pihaknya telah merawatnya dengan baik. Sebab dari segi lingkungan perawatan yang disediakan RSPI Sulianti Saroso sudah terbilang lengkap. Di mana pasien terisolasi dan diberi asupan gizi yang baik agar meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, Dyani Kusumowardhani memprediksi, tidak sembuhnya dua pasien ini lantaran adanya 'faktor x'.

"Kalau melihat dari gejala klinisnya cukup baik dan enggak berat. Jadi mungkin ada 'faktor x' lain yang membuat kuman masih ada di dalam tubuh mereka. Kita belum tahu persis, faktor x dari si penderita," jelas Dyani Kusumowardhani. [rm]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: