logo
×

Minggu, 01 Maret 2020

Kemenkes RI Bantah Rilis Pernyataan 6 Zona Kuning Virus Corona

Kemenkes RI Bantah Rilis Pernyataan 6 Zona Kuning Virus Corona

DEMOKRASI.CO.ID - Isu yang berkembang di masyarakat seputar virus corona COVID-19 belum usai seperti halnya penyakit itu sendiri. Salah satunya soal masuknya infeksi ini ke Indonesia.

Beberapa waktu lalu, kami sempat mendapatkan sebuah pesan berantai di grup pembicaraan WhatsApp. Isinya menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah mengumumkan enam zona kuning virus corona.

"Info kemkes 6 kota zona kuning corona: Medan, Batam, Jkt, Sby, Bali, dan Manado," tulis pesan tersebut, dikutip Minggu (1/3/2020).

"Sediakan masker di rumah dan hand sanitizer. Usahakan jangan dulu ke tempat umum dan travelling," tambah pesan yang kami terima beberapa hari yang lalu ini.

Terkait hal ini, Kemenkes RI membantah bahwa pesan tersebut berasal dari mereka.

Rilis Resmi Kemenkes

Health Liputan6.com sempat mencoba mengonfirmasi kebenaran ini ke beberapa pejabat Kemenkes. Meski tidak mendapatkan jawaban dari mereka, tak lama kemudian, media sosial resmi @KemenkesRI menyatakan bahwa pesan tersebut bukanlah berasal dari mereka.

"Kemenkes TIDAK PERNAH mengeluarkan pernyataan tentang 6 kota zona kuning corona," tulis Kemenkes dikutip Health Liputan6.com dari rilisnya akun media sosial Twitter.

Dalam utasnya, Kemenkes lebih lanjut meminta agar masyarakat tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan kabar bohong atau hoaks yang tidak jelas isi dan sumbernya.

Selain itu, terkait dengan pencegahan penularan, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kebersihan diri dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menerapkan etika batuk atau bersin.

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: