logo
×

Minggu, 08 Maret 2020

Corona Sudah Menyebar Ke Empat Benua, WHO Masih Menolak Menyebut Pandemi

Corona Sudah Menyebar Ke Empat Benua, WHO Masih Menolak Menyebut Pandemi

DEMOKRASI.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menolak menggambarkan krisis wabah virus corona baru (Covid-19) sebagai sebuah pandemi.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, hal itu dikarenakan kata "pandemi" bisa membuat dunia semakin ketakutan dan menyebabkan beberapa negara kehilangan harapan untuk melawan virus.

"Kecuali kita yakin itu tidak terkendali, mengapa kita menyebutnya pandemi?" kata Tedros seperti dimuat AP, Minggu (8/3).

Sebelumnya, badan kesehatan Amerika Serikat menggambarkan wabah corona sebagai pandemi karena terjadi di setidaknya di dua wilayah dunia. Bahkan banyak ahli mengatakan batas wabah corona dapat dikatakan sebuah pandemi sudah terpenuhi.

Pasalnya, virus yang pertama kali diidentifikasi di China tersebut saat ini telah menyebar di empat benua, kecuali Antartika. Penyakit ini dikatakan telah berhasil berkembang biak dengan cepat bahkan di negara-negara dengan sistem kesehatan masyarakatnya relatif kuat.

Jumat (6/3), wabah bahkan telah mencapai tonggak sejarah baru, yaitu menginfeksi lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia, jauh lebih banyak dari SARS, MERS, atau pun Ebola.

"Saya pikir cukup jelas kita berada dalam pandemi dan saya tidak tahu mengapa WHO menentang hal itu," ujar Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di Universitas Minnesota, Michael Osterholm.

Di sisi lain, para ekonom menyatakan wabah corona sudah dapat dikatakan sebagai sebuah pandemi karena telah mengguncang pasar global.

Dalam pengertian WHO, pandemi sendiri adalah situasi unik di mana semua warga dunia percaya akan kemungkinan terpapar virus dalam periode waktu tertentu. [rmol]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: