logo
×

Minggu, 20 Oktober 2019

Mahasiswa Makassar Demo Tuntut Perppu KPK di Hari Pelantikan Jokowi

Mahasiswa Makassar Demo Tuntut Perppu KPK di Hari Pelantikan Jokowi

DEMOKRASI.CO.ID - Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali turun ke jalan. Mereka menuntut presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang dilantik hari ini segera menerbitkan Perppu KPK.

Pantauan detikcom, Minggu (20/10/2019) pukul 15.55 Wita, mahasiswa menggelar aksi di Jalan AP Pettarani menuju Jl Sultan Alauddin, Makassar, atau tepat di depan Menara Pinisi UNM. Aksi ini adalah yang kedua kali setelah aksi pada Jumat (18/10) di lokasi yang sama.

"Jika Presiden Jokowi tidak mampu menerbitkan Perppu (KPK), maka presiden hari ini kita anggap tidak mewakili suara rakyat kawan-kawan," teriak orator, menyuarakan tuntutan.

Mahasiswa Makassar Demo Tuntut Perppu KPK di Hari Pelantikan Jokowi (Hermawan/detikcom)

Selain meminta penerbitan Perppu KPK, mahasiswa menuntut pelaku utama kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan diungkap. Massa aksi meminta presiden sebagai panglima tertinggi negara mengambil sikap tegas atas kasus tersebut.

"Hutan dibakar, KPK dipadamkan, hutan dibakar, KPK dipadamkan, hutan dibakar, KPK dipadamkan," ucap mahasiswa menyanyikan tuntutan.

Selain dua tuntutan di atas, Presiden BEM UNM, Muhammad Aqsha, sebelumnya menyebut pihaknya juga menuntut sejumlah kasus HAM dituntaskan lantaran dianggap semakin menumpuk.

"Belum lagi kasus hak asasi manusia dan kasus penangkapan aktivis-aktivis Wamena, Papua. Dan kami juga tidak melupakan tuntutan kami sebelumnya, yaitu menghapus RUU yang tidak pro dengan kepentingan rakyat," sebut Aqsha.

Aksi mahasiswa masih berlangsung hingga pukul 16.08 Wita. Sejumlah petugas kepolisian yang berseragam hingga yang berpakaian preman tampak berjaga di lokasi. [dtk]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: