logo
×

Selasa, 06 November 2018

Din Syamsuddin Dianugerahi Bintang Jasa Dari Kaisar Jepang

Din Syamsuddin Dianugerahi Bintang Jasa Dari Kaisar Jepang

NUSANEWS - Pemerintah Jepang kembali memberikan penghargaan kepada mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Kali ini, bintang jasa “The Order of Rising Sun, Gold, and Silver Star” diberikan langsung oleh Kaisar Akihito di Istana Kekaisaran Tokyo, Jepang, Senin (6/11).

Bintang jasa itu disematkan kepada Din atas dedikasinya dalam mempromosikan interaksi antara pemerintah dan masyarakat Jepang dengan masyarakat Islam.

"Din juga dinilai memiliki peran dalam dialog antar agama dan menjalin hubungan antara tokoh agama dan politisi Jepang, sehingga meningkatkan rasa saling pengertian antara masyarakat Jepang dan masyarakat Islam Indonesia," jelas Humas Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Aya Kumakura dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Chairman Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) ini memiliki riwayat hubungan yang baik dan luas dengan Jepang. Di antaranya, jabatan Din sebagai Presiden Moderator Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) yang bermarkas di Tokyo sejak 2007.

Selain itu, Din juga beberapa kali diundang menjadi pembicara dalam forum-forum akademik di Doshisha University of Kyoto dan Waseda University di Tokyo.

Dia juga rutin menghadiri dan memberikan ceramah pada International Peace Prayer di Sendai Buddhist Temple, Mount Hiei, Kyoto.

Sebagaimana data dari CDCC, Din juga tercatat sering bekerjasama dengan Association on Communication of Transcultural Studies Foundation (ACT Foundation) dan Japanese Companies yang memiliki afiliasi dengan Partai Demokratik Liberal dalam kegiatan sosial di Jepang dan Indonesia sejak 2004.

Penghargaan ini merupakan kali kedua yang diberikan pemerintah Jepang. Pada September 2016, Din juga menerima “The Japanese Foreign Minister’s Commendation” dari Menteri Luar Negeri Jepang melalui Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki. [ian]

SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: