logo
×

Senin, 03 September 2018

Fadli Zon: Pelemahan Rupiah Bisa Mengarah ke Krisis yang Cukup Gawat

Fadli Zon: Pelemahan Rupiah Bisa Mengarah ke Krisis yang Cukup Gawat

NUSANEWS - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengingatkan bahwa pelemahan rupiah kali ini bisa mengarah pada krisis ekonomi.

Dalam satu bulan terakhir, kondisi nilai tukar rupiah terus merosot. Pada penutupan perdagangan terakhir, nilai tukar rupiah di pasar spot Indonesia mencapai Rp 14.710 per dolar AS.

"Pemerintah harusnya punya strategi bagaimana menghadapi pelemahan rupiah, karena ini bisa mengarah ke suatu krisis yang cukup gawat," ujar Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Fadli Zon mengatakan, berdasarkan pengalaman, krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia dikarenakan depresiasi atau pelemahan nilai mata uang, seperti saat krisis moneter 1998 lalu.

"Dari rupiah lalu krisis moneter, kemudian ke krisis sosial politik dan sebagainya. Jadi sebaiknya pemerintah mengambil langkah-langkah jitu untuk menahan laju depresiasi," tuturnya.

Fadli Zon yakin pemerintah mampu untuk menahan laju pelemahan rupiah sekarang ini. Ia juga yakin pemerintah punya formula lain selain intervensi Bank Indonesia untuk menguatkan nilai tukar rupiah.

"Saya kira sebenernya ada. Lihat saja negara-negara itu berani mengambil suatu keputusan drastis. Tentu formulanya kita serahkan ke pemerintah," ucapnya. (Taufik Ismail)

SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: