logo
×

Jumat, 05 Agustus 2016

Di Istanbul-Turki, Manusia dan Kucing Beribadah Bersama-sama

Di Istanbul-Turki, Manusia dan Kucing Beribadah Bersama-sama

Nusanews.com -  Kota Istanbul Turki selain merupakan kota nomor 1 tujuan favorite wisatawan dunia, juga terkenal dengan banyaknya kucing liar yang berkeliaran di jalan-jalannya dan mendekam di sudutnya.

Hal inilah mengapa kota Istanbul yang dulunya bernama Konstantinopel (sebelum ditaklukan oleh Muhammad Al-Fatih) sekarang banyak yang menyebut 'Catstantinople'.

Nah, uniknya, di kota Istanbul ini kucing-kucing juga turut "beribadah" bersama warga. Foto di atas banyak diunggah di media sosial menunjukan seekor kucing yang tengah "sujud" (shalat) bersama seorang nenek di Istanbul. (Diposting warga Istanbul di trumblr http://ssincapderler.tumblr.com/post/137342545941/islamiyet#notes)

Harian terkenal Inggris The Telegraph juga pernah memuat cerita kucing-kucing Istanbul yang nyaman berada di masjid-masjid Istanbul, dipelihara Imam, membaur bersama jamaah masjid.

A mosque for cats? Imam opens his mosque up for the stray felines of Istanbul

Demikian judul postingan di The Telegraph. (http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/europe/turkey/12108015/mosque-for-stray-cats-istanbul.html)



Imam Mustafa Efe, imam dari masjid Mahmud Hüdayi yang terletak di distrik bersejarah Üsküdar, kota Istanbul-Turki, menjadi terkenal akhir-akhir ini di media sosial karena kelembutan dan kasih sayangnya terhadap hewan kesayangan nabi kita Muhammad sholAllahu’alaihi wassalam.

Foto-foto imam Mustafa Efe bersama kucing yang dilindunginya telah dibagikan secara luas lewat media sosial oleh mereka yang mengunjungi masjid tersebut.

Imam tersebut dilaporkan membuka pintu-pintu masjid, terutama pada musim dingin, untuk kucing-kucing liar, karena cuaca yang tidak bersahabat bagi mereka.

Pada akun facebook-nya yang bernama Mustafa Efe, imam tersebut memposting video induk kucing membawa bayi-bayinya dengan mulutnya ke dalam masjid, melindungi mereka dari bahaya di luar.

Pemilik akun twitter @hafizmustafaefe itu mengatakan, “Tamu hari Jum’at di masjid kami. Sebuah kejutan menunggu kita pada khutbah hari ini. Kucing ini telah menemukan jantung kasih sayang dan belas kasih”.

Menurut mereka yang memposting foto-foto imam Efe secara online sebagaimana yang dikutip media online Turki, Daily Sabah, imam Efe tidak hanya disukai karena selera humor dan ketekunannya, namun juga karena kecintaannya terhadap kucing.

“Masjid kami biasa ramai saat shalat Jumat. Namun kini, kucing telah menjadi pendamping dan lambang saling mengasihi antara manusia dan hewan,” tulis Efe dalam status media sosialnya.


Efe bukan satu-satunya orang yang menikmati kehadiran kucing, ia juga memposting foto yang menunjukkan para jamaah masjid yang meluangkan waktu bermain dengan para kucing.

“Jamaah kami mencintai kucing. Mereka seolah menciptakan perumpamaan yang indah dari rasa menyayangi dan belas kasihan” tambah Efe.

وَلِلَّهِ يَسۡجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ مِن دَآبَّةٍ۬ وَٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةُ وَهُمۡ لَا يَسۡتَكۡبِرُونَ

"Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan [juga] para malaikat, sedang mereka tidak menyombongkan diri." (QS An-Nahl: 49)

Maha Benar Allah Dengan Segala FirmanNya. (pp)


Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: