logo
×

Sabtu, 16 Juli 2016

Militer Turki Lakukan Kudeta, Erdogan Serukan Rakyat Turun ke Jalan

Militer Turki Lakukan Kudeta, Erdogan Serukan Rakyat Turun ke Jalan

Nusanews.com - Militer Turki telah secara resmi mendeklarasikan kudeta dan mengatakan telah 'mengambil alih negara. Mereka juga menutup Jembatan Bosphorus yang menghubungkan daratan Asia dan Eropa serta menutup bandara utama di Istanbul.

Dogan News Agency mengutip pernyataan militer pada Jumat (16/7) mengatakan, mereka ingin "memasang ulang tatanan konstitusional, demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan, serta untuk memastikan bahwa aturan hukum sekali lagi memerintah di negeri ini, hukum dan ketertiban harus dipulihkan."

Pernyataan militer melanjutkan dengan mengatakan bahwa "semua perjanjian dan komitmen internasional akan tetap (berlaku). Kami berjanji bahwa hubungan baik dengan semua negara-negara dunia akan terus berlanjut."

Al Jazeera melaporkan, Bandara Internasional Ataturk Istanbul telah ditutup dan semua penerbangan telah dibatalkan.

Seorang wartawan Al Jazeera di Istanbul juga melaporkan, semua pemilik menutup toko di daerah Taksim Square. "Orang-orang akan pulang sekarang," katanya.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyatakan, sejumlah jenderal terlibat dalam pengambilalihan pemerintah. Dia bersumpah pemerintah "tidak akan pernah menyerah (menjalankan) demokrasi." (ROL)

Erdogan Serukan Rakyat Turun ke Jalan

Presiden Turki telah menyerukan warga untuk turun ke jalan untuk menunjukkan dukungan bagi pemerintah setelah militer mengatakan mereka merebut kontrol penuh dari negara.

Recep Tayyip Erdogan, berbicara kepada CNN-Turk melalui FaceTime, menyebut tindakan militer sebagai "upaya pada pemberontakan oleh minoritas dalam angkatan bersenjata kita."

Kantor presiden menolak untuk mengungkapkan keberadaan Erdogan, mengatakan ia berada di lokasi yang aman. Erdogan mengatakan "Saya tidak percaya upaya kudeta ini akan berhasil."

Erdogan menambahkan: "Sama sekali tidak ada rantai komando pada kudeta ini Sekarang rantai komando telah ditahan.."

Sumber: Daily Sabah

***

Dulu MURSI buka Blokade Gaza, lalu dikudeta.
Sekarang ERDOGAN buka Blokade Gaza, lalu terjadi kudeta...

SIAPA DALANGNYA? (pp)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: