logo
×

Selasa, 24 Mei 2016

Menguak Kedekatan Sjafrie Sjamsoeddin Dengan Prabowo Subianto

Menguak Kedekatan Sjafrie Sjamsoeddin Dengan Prabowo Subianto

Nusanews.com - Partai Gerindra sejauh ini masih dalam tahap penjaringan siapa yang akan digadang menjadi calon gubernur DKI Jakarta dalam Pilgub 2017 mendatang. Selain Sandiaga Uno dan Yusril Ihza Mahendra, ada nama lain yaitu kerabat lama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sjafrie Sjamsoeddin.

Pengamat intelijen dan militer dari Universitas Indonesia (UI) Wawan Purwanto menjelaskan, bahwa tahun 1974 silam Sjafrie dan Prabowo dulu merupakan teman satu angkatan. Mereka berdua sempat mengenyam pendidikan TNI Angkatan Darat di Akademi Militer (Akmil).

Selain itu mereka juga satu angkatan dengan mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Mereka kan teman seangkatan dulu. Sebetulnya mereka sama Pak SBY juga. Pak Sjafrie ini dulu ketua kelas,” kata Wawan saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Senin (23/5).

Anggota Tim Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini menceritakan, dalam banyak hal, selepas di Akmil, hubungan Prabowo dan Sjafrie semakin dekat. Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie menjadi Pangdam Jaya pada tahun 1997.

Sedangkan Prabowo menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus yang kemudian naik stratanya menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

“Yang jelas chemistry, keduanya dulu tentu saling kerjasama di banyak hal. Mereka cocok,” tuturnya.

Wawan berujar bahwa bukan hal yang baru jika nama Sjafrie muncul karena Prabowo. Sebab menurutnya, saling kenal sejak lama membuat keduanya saling kenal metode kerja dan pemikiran. (it)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: