logo
×

Selasa, 06 Oktober 2015

Setelah 50 Tahun, Kematian Kartosoewirjo Terungkap

Setelah 50 Tahun, Kematian Kartosoewirjo Terungkap

NBCIndonesia.com - Setelah mendarat di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, Kartosoewirjo dibawa ke sebuah lokasi di mana tiang papan pengikat sudah menunggu.

Petugas militer mengikat Kartosoewirjo pada tiang tersebut. Disaksikan beberapa pejabat yang hadir, regu tembak berjumlah 12 orang siap menembak mati Kartosoewirjo.

Tak ada yang tahu pada senjata siapa peluru disarangkan. Namun sesaat setelah komandan memberi instruksi, beberapa peluru menembus dada sebelah kiri Kartosoewirjo.

Terakhir, komandan regu penembak melakukan tembakan dari jarak dekat sekali. Begitulah wafatnya Sang Imam, Kartosoewirjo.

Begitulah penggalan kisah yang terceritakan oleh foto-foto dalam buku yang baru saja diluncurkan oleh Fadli Zon, buku tersebut diberi judul 'Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati DI/TII'

"Kesan saya dari foto tersebut, ia pergi dengan tegar dan tak kelihatan sedikitpun rasa takut," ujar Fadli, dalam acara launching buku terbarunya, di TIM, Jakarta, (5/9/2012).

Menurutnya buku ini merupakan, bagian dari puzzle sejarah yang belum tuntas, yang nantinya akan melengkapi kajian-kajian sejarah mengenai Kartosoewirjo. "Kita hanya mencoba menempatkan sejarah secara proporsional, momentumnya bertepatan dengan 50 tahun eksekusi Kartosoewirjo,"tuturnya.

Dengan melihat foto yang tersaji dalam buku ini, terang Fadli, misteri lokasi eksekusi mati sekaligus makam Kartosoewirjo terjawab sudah.

"Foto tersebut bercerita bahwa Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, bukan di Pulau Onrust atau pulau-pulau lainnya,"kata dia.

Kartosoewirjo di eksekusi mati oleh regu tembak yang terdiri dari 12 orang eksekutor pada tanggal 5 September 1962 dan hari ini 5 September 2012 bertepatan dengan 50 tahun eksekusi tersebut.

"Buku yang berdasarkan pada foto-foto otentik ini, diharapkan dapat memberi nilai sejarah dan mingkin bisa menyibak kabut misteri yang selama 50 tahun ini menjadi tanda tanya bagi keluarga, peneliti dan masyarakat tentang proses kematian Kartosoewirjo,"tukasnya.(tribunnews)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: