logo
×

Rabu, 07 Oktober 2015

Loyalis Jokowi: Warga Riau yang Nikmati Kebun Kelapa Sawit Harus Ikut Tanggungjawab Bencana Asap

Loyalis Jokowi: Warga Riau yang Nikmati Kebun Kelapa Sawit Harus Ikut Tanggungjawab Bencana Asap
Presiden Joko Widodo saat meninjau kebakaran hutan dan kabut asap di Sumatera Selatan. (Foto: Antara)
NBCIndonesia.com - Pernyataan keras dilontarkan loyalis Joko Widodo, Rustam Ibrahim, terkait bencana kabut asap di Riau. Petinggi LP3ES ini menyatakan bahwa warga masyarakat Riau yang menikmati kesejahteraan hasil kebun kelapa sawit perlu dituntut tanggungjawabnya terkait bencana kabut asap.

“Tidak dapat dimungkiri banyak warga masyarakat Riau nikmati kesejahteraan hasil kebun kelapa sawitnya. Kini perlu dituntut juga tanggungjawabnya,” tulis Rustam di akun Twitter @RustamIbrahim.

Menurut Rustam, tidak adil jika bencana alam seolah-olah hanya tanggungjawab pemerintah pusat. “Tidak adil juga rasanya, hasil kebun kelapa sawit dinikmati petani & pengusaha. Kini bencana asap se-olah hanya tanggungjawab pemerintah pusat,” kicau ‏@RustamIbrahim.

Diberitakan sebelumnya, pemuka masyarakat Riau dan sejumlah aktivis lingkungan akan menempuh class action terhadap pemerintah daerah, pusat, dan sejumlah perusahaan yang dinilai bertanggungjawab atas kabut asap yang tak tertangani selama 18 tahun.

Kesepakatan class action ini merupakan hasil pertemuan antara Ketua Harian Lembaga Adat Masyarakat Riau, Al-Azhar, dan aktivis lingkungan di Sekretariat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) di Jalan Cempedak Nomor 8 Pekanbaru (06/10).

Menurut Al-Azhar, class action juga dibarengi dengan citizen law suit dan legal standing. “Class action dimulai sejak pertemuan ini dilakukan. Selanjutnya kita akan mendirikan posko pengaduan bagi warga yang merasa dirugikan,” ucap Al Azhar seperti dikutip liputan6(06/10).
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: