logo
×

Selasa, 18 Agustus 2015

Gelombang Radio Misterius di Australia Kemungkinan Dikirim Alien?

Gelombang Radio Misterius di Australia Kemungkinan Dikirim Alien?
Parkes Telescope di New South Wales, Australia. (Shutterstock)
Ada perulangan nilai matematis 187,5 yang hingga saat ini membingungkan para ilmuwan.

NBCIndonesia.com
 - Para ilmuwan di berbagai belahan dunia tengah menyelidiki gelombang radio misterius yang mungkin saja dikirimkan oleh mahluk asing. Adalah sebuah tim peneliti antariksa asal Australia yang menemukan gelombang radio misterius tersebut.

Gelombang misterius ini bukanlah yang pertama. Dalam 15 tahun terakhir, ada 10 jenis gelombang aneh yang ditangkap perangkat teleskop radio di dunia.

Lansiran New Scientist, gelombang tersebut tertangkap sesaat, hanya beberapa milisekon saja. Semua bermula dari fasilitas teleskop radio CSIRO di New South Wales, Australia.

Tahun lau, fasilitas tersebut menangkap gelombang radio yang terpancar secara real time. Setelah diteliti, ternyata tangkapan gelombang tersebut sama dengan sembilan gelombang lain yang tertangkap lebih dari satu dekade terakhir.

Yang unik dari gelombang ini adalah selisih antara gelombang pertama dan terakhir yang selalu mendekati perulangan nilai 187,5. Fenomena matematis itulah yang hingga saat ini masih jadi tanda tanya besar di kalangan ilmuwan. Belum ada yang bisa menjelaskan apa makna dan mengapa hal itu bisa terjadi.

Pendeknya gelombang, serta jarak antara frekuensi rendah dan tingginya, menunjukkan bahwa gelombang radio tersebut datang dari sumber yang teramat kecil dan jauh. Kemungkinan besar, menurut dugaan para ilmuwan, sumber itu ada di galaksi lain di luar Bimasakti.

Adalah Michael Hippke, ilmuwan dari Institute for Data Analysis di Neukirchen-Vluyn, Jerman dan John Learned dari University of Hawaii yang melakukan analisis terhadap gelombang tersebut. Mereka menyimpulkan, ada 5 dari 10.000 kemungkinan fenomena matematis yang terjadi secara kebetulan.

Para peneliti tersebut mengeksplorasi beberapa kemungkinan penjelasan untuk pancaran gelombang radio tersebut.

Yang pertama, kemungkinan bahwa pengetahuan manusia amat terbatas. Itulah mungkin sebabnya, kita tidak sanggup memahami fenomena tersebut.

Yang kedua, satelit penelitian yang tidak terpetakan karena terbatasnya teknologi manusia juga bisa jadi penyebabnya.

Atau yang ketiga, di mana kemungkinan gelombang radio tersebut merupakan suar ekstrateresterial, sebuah sinyal dari mahluk asing yang ingin berkomunikasi dengan kita.

Temuan gelombang radio itu mengingatkan pada kisah yang diangkat film fiksi ilmiah berjudul Contact yang dibintangi Jodie Foster. Di situ dikisahkan bagaimana mahluk asing mengirimkan sinyal radio aneh yang ternyata merupakan sebuah instruksi untuk membuat kendaraan luar angkasa.

Namun, tidak menutup kemungkinan, gelombang tersebut berasal dari Bumi. Pasalnya, pernah ada kejadian di mana Parkes Telescope pada tahun 2010 menangkap gelombang misterius. Setelah diselidiki ternyata gelombang tersebut berasal dari perangkat microwave yang ada di dapur fasilitas tersebut.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: